AKSES INTERNET GRATIS

Di jaman sekarang ini, perkembangan tekhnologi memang semakin pesat. Salah satunya adalah Internet.
Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Seiring berjalannya waktu, internet ini seakan-akan udah menjadi kebutuhan sehari-hari.Bahkan hampir sama kaya kita butuh nasi buat makan.Contoh nyata aja deh...
Temen-temen pasti kalo ga facebookan sehari aja pasti tuh tangan udah gatel mau ngupdate status, atau mo chatingan ngarep dapet cowok atau cewek yang cakep-cakep.
Ya nggak...!
Nah tapi di samping semua yang enak-enak dan asyik-asyik itu ternyata ada efek sampingnya... Yaitu semua HARUS BAYAR ALIAS GA GRATIS....! Yang bisa ngeboncosin kantong kita.Bayangin aja kalo kita harus Kewarnet tiap hari,yang biasanya harga warnet itu Rp.3000,/jam.Dan tiap hari minimal kita main 1 jam, kalo di kali sebulan itu udah berapa..? Atau kita mainnya Lewat HP,Yang harus ngisiin pulsa yang cukup buat kita internetan.
Wah...! Pokoknya, Semuanya itu memang bikin pusing .
Dalam hati kecil gw pun bertanya,Ada ga ya cara biar bisa internetan Gratis?
Setelah sekian lama tanya sono, tanya sini, dan browsing sono Browsing sini Ternyata untuk internetan garatis itu ADA..!
Solusinya adalah ANTENA WAJAN ALIAS PENGGORENGAN...!
Lho kok penggorengan? emang mau masak-masakan.Waktu pertama denger, Ide ini rada konyol memang...
but the most important thing is... it works.

Memang alatnya dari wajan dan Antena wajan ini berfungsi untuk menangkap sinyal-sinyal Hotspot yang berkeliaran di sekitar rumah kita. Karena secara teori hotspot – hotspot wireless itu semuanya memakai gelombang radio dalam hal transmisi datanya. Bukankah kita bisa menangkap siaran radio walau dengan kabel yang ditancapkan dipesawat radio. Bukankah kita bisa menangkap siaran televisi dengan hanya menggunakan antena TV yang sebenarnya hanya terbuat dari alumunium. Pernahkan temen-temen semua lihat ada orang – orang dikampung memakai tutup panci agar siaran TV tambah jernih ? Nah itu dia awal konsep berpikir kita bahwa HOTSPOT WIRELESS itu juga bisa ditangkap alat – alat yang sederhana, hanya tinggal dimodifikasi agar gelombang yang sudah kita tangkap bisa menjadi data kembali yang artinya kita pakai menjadi internet kembali. Bukankah TV dan radio juga seperti itu.
Tapi Buat Internetan Gratis ini Memang ada Syaratnya Yaitu
  • Ada hotspot atau tempat yang menggunakan internet memakai sistem wireless.Sehingga dari hotspot itulah kita masuk untuk menggunakan internet.

  • Jarak wajan Lo dengan hotspot adalah tidak sangat jauh. Kira – kira 1 – 2 km (tambah jauh lo harus memperbesar diameter wajan dan tambah melemah sinyal gelombangnya, tambah dekat akan tambah bagus, apalagi hotspotnya disebelah rumah lo, ini sih lo nggak usah repot-repot pakai antena wajan)

  • Nah ini yang paling penting....
    Hotspot yang lo tangkap adalah GRATIS alias (FREE HOTSPOT). Artinya tidak dikunci oleh penyebar hotspot itu, yang artinya tidak ada gambar gembok di gambar sinyal hotspot di komputer. Biasanya yang nyediain area free hotspot ini adalah kafe-kafe, restoran atau hotel biar semua pengunjungnya pada betah main ke tempatnya.Jadi kalo lo liat di sekitar rumah lo ada area free hotspot, Langsung aja HAJAR BLEH....

  • Hotspot dan wajan lo tidak terhalang bangunan tebal, pepohonan yang rapat.Artinya tambah bebas, tanpa halangan itu sangat baik. ( ingat, siaran TV lo aja akan ada semutnya kalo antena lo terhalang bangunan orang.)

  • Lo tetep perlu modal untuk membuat Antena wajan ini, Karena yang paling mahal dalam membuat antena wajan ini adalah membeli WLAN USBnya.

  • Tekad pantang menyerah.Ilmu itu absolut alias pasti dan ANTENA WAJAN ini sudah terbukti oleh banyak orang secara teoritis dan prakteknya. Jadi kalo nggak bisa berarti kesalahan ada pada diri lo atau alat yang lo bikin kurang tepat, bukan pada ilmunya. Sehingga cobalah analisis, tahap mana yang membuat lo gagal.
Ok kita langsung aja Lanjut ke cara membuat antena wajan.Alat-alat yang lo butuhin adalah
HIGH SPEED USB WLAN.
Ini alat yang paling penting. Karena inilah mbah dari otak penangkap sinyal hotspot wireless. Dialah yang mengubah gelombang radio yang ditangkap wajan menjadi data kembali di komputer anda. Harganya sekitar 200rb, contoh mereknya adalah D-Link DWL-G122, Pro-link WG 200, Blue-Link BL-U8OG Dan lain-lain(tanya aja sama pemilik tokonya merek yang bagus itu apa)

WAJAN ALIAS PENGGORENGAN
Ya wajan penggorengan yang buat masak itu. Ukuran diameter minimal 40 cm. Syaratnya adalah alumunium tambah baik, dan cekungannya tidak terlalu cekung alias dalam.Harganya sekitar 30-50 rb.

PARALON UKURAN 3 INCHI SEPANJANG 23 CM
Tau paralon kan, itu tuh pipa yang buat nyalurin air dari talang air. Carilah yang tipis saja, agar gelombang sinyal dapat mudah diserap.

TUTUP PARALON / DOP PARALON UKURAN 3 INCHI 2 BUAH
Ini nantinya buat nutup kedua ujung pralon. Tanya aja ditoko bahan bangunan.

PARALON KECIL + TUTUPNYA 1 BUAH
Paralon ini cuma berfungsi agar USB Wlannya tidak goyang-goyang sewaktu di tancapkan ke pipa 3 inchi,Mengenai ukuran secukupnya aja deh...

ALUMUNIUM FOIL
Tau kan lembaran alumunium foil yang buat bungkus ikan bakar, ngoven atau dipake nyabu itu loh.Beli satu gulungan aja dah lebih dari cukup.Belinya sama juga di toko bahan bangunan.

KABEL USB EXTENSION
Ini nanti buat sambungan antara USB WLAN yang ada diantena wajan dengan komputer. Cari aja di toko alat sparepart komputer pasti tau dan kedua ujungnya cari yang beda cewe dan cowo, Harganya sekitar 10rb.

KABEL UTP ATAU KABEL LAN
Kabel yang biasa di tarik-tarik sama murham waktu di kelas.Kabel Ini sebagai pemanjangan dari kabel USB yang kita potong dan sambung dengan kabel UTP ini. Karena kalo kita beli kabel USB jadi itu paling panjangnya 1 meteran. Mana bisa ditarik sampe keatap rumah.Harganya 2500 permeter

BOR,BAUT,SELOTIP, DAN LAIN-LAINNYA
Tools untuk ngerakit Antena Wajan ini, kalo ga punya pinjem aja sana tetangga atau pergi ke bengkel las minta di borrin wajannya.Pokoknya tergantung kreativitas lo masing-masing lah.


Ok kalo alat-alat di atas udah ada mari kita lanjut ke tahap berikutnya.
Siapkan wajan atau penggorengan
Yang paling penting disini adalah bagaimana kita menentukan titik fokus dari gelombang. Ingat, hukum fisika bahwa gelombang yang datang akan dipantulkan, seperti kita mengumpulkan berkas sinar dengan kaca pembesar untuk membakar kertas. Itulah titik fokus. Rumusnya adalah
F=D2
16xC

Dimana :
F = jarak dari dasar wajan ke titik fokus.
D = diameter wajan.
C = jarak antara dasar wajan sampai mulut wajan atau kedalaman wajannya.
Sehingga bila contohnya diameter wajan 40 cm dan kedalaman wajan 7 cm maka titik fokusnya adalah 14,28 cm.
Ingat – ingat kita bekerja pada bidang teknis yang memerlukan ketelitian. Dua angka dibelakang koma masih sangat sangat berarti.
Lubangi bagian tengah (usahakan benar – benar tepat ditengah, triknya letakkan kelereng dalam wajan lo, (disanalah titik tengahnya). Bautkan dengan tutup pralon. Ingatlah bahwa titik dasarnya tetap diukur di wajan bukan dari dasar pralon.



Mempersiapkan bagian tabung sensitif antena
Ini adalah bagian terpenting dari antena wajan, kerjakan dengan teliti dan disinilah nanti kemungkinan kegagalan lo.
Bagian ini nanti kita isi dengan USB WLAN. Secara teoritis anda perlu berhitung kembali untuk menentukan dimana persisnya kita harus menentukan letak USB WLAN. Karena gelombang yang dipantulkan wajan, akan dikumpulkan didalam tabung dan ditangkap oleh USB WLAN pada jarak tertentu
Dimana D = diameter tabung pralon (dimana diameter pralon kita adalah 3 inci = 90mm)
L = jarak antara tutup tabung pralon diatas dengan penempatan USB WLAN.
Sehingga bila 90mm atau 9 cm, jaraknya 51,219mm atau 5 centian.
Dengan menggunakan perhitungan diatas, lubangi pralonnya dijarak tersebut untuk memasukkan USB WLAN sehingga hanya ujung koneksi USB yang terlihat diluar.

lubangi Tutup pralon yang satunya (yang ukuran 3 inchi) dan lubangi juga tutup paralon yang kecil.Satukan dengan baut.Lalu lapisi alumunium foil pada bagian dalamnya.



Ganjal USB WLAN dengan paralon kecil.sehingga tepat berdiri tegak lurus didalam tabung dan tidak bergerak lagi.

Sekarang kita melapisi bagian luar tabung pralon dengan alumunium foil. Ingat, bukan semua bagian tabung, hanya 2/3 bagian tabung dari tutup atas, 1/3 bagian bawah tidak ditutup. Berapa panjang bagian dari tutup atas yang kita lapisi alumunium foil ? Ingatlah, panjang titik fokus wajan. Panjang tabung dikurangi panjang titik fokus, hasilnya itulah panjang bagian yang dilapisi alumunium foil



Sedikit ada tambahan. Ingat bahwa, panjang lapisan alumunium foil minimal 3 kali panjang jarak perletakan USB WLAN. Sehingga bila jarak letak USB WLAN anda 5,1219 cm maka jarak minimal yang dilapisi adalah 15,366 cm. Bila jarak itu kurang dengan jarak titik fokus maka artinya wajan lo terlalu kecil. Makanya itu, wajannya minimal 40 cm dan jangan terlalu dalam cekungannya.
Setelah itu jadikan satu bagian sensitif tabung dengan wajan yang sudah terpasang tutup bagian bawahnya. Sehingga secara lengkap gambar antena wajan wireless ini seperti berikut :

Urusan Perkabelan
Sekarang kita akan menyambung kabel USB dan UTP sehingga antena wajan bisa kita pasang dan kita berinternet diatas genteng.
Putuskan kabel USB sehingga menjadi 2 bagian. Dan sambung kabel – kabelnya dengan aturan berikut





Ingatlah, semakin panjang kabel, maka resiko hilangnya sinyal dalam perjalanan dari antena ke komputer juga semakin besar
Jadi gw saranin lo tambahi sama kabel usb extender


Pencarian sinyal
Untuk pencarian sinyal ini, kita harus bebas hambatan atau istilah teknisnya LOS (Line of Sight) benar – benar tidak terhalang untuk kesempurnaan tangkapan sinyal. Maka dari itu masuk akal juga bila orang – orang desa antena Tvnya tinggi – tinggi pakai galah bambu.Agar mengetahui kekuatan sinyal dengan baik.Lo bisa pake software pencari sinyal wifi seperti NetStumbler, atau silahkan lo DOWNLOAD DI SINI
Selanjutnya adalah kegigihan Lo untuk mencari sinyal terbaik dan kalo lo gagal maka merenunglah, bagian mana yang salah. Sekali lagi, Ilmu itu Absolut dan kesalahan adalah pada diri Lo dan alat yang lo rakit, bukan pada ilmunya
Serta ingatlah bahwa antena ini hanya menangkap sinyal dalam jurusan 90⁰ bukan 360⁰ seperti pada wifi Laptop. Sehingga, hotspot dibelakang, kanan dan kiri antena, tidak akan ikut terlacak. Jadi, Lo perlu memutar – mutar antena, untuk mencari hotspot terbaik bila ada hotspot lebih dari 1 disekeliling rumah lo.
Antena Wajan ini hanya sanggup menangkap sinyal 2-3 KM, dan ga bisa lebih.Kalo lo mau lebih dari itu, lo kudu ngeganti wirelees yang bisa menangkap sinyal yang lebih jauh.





Ya Udah deh, Cukup sampai disini aja informasi dari gw. Semoga Bermanfaat..
Dan gw ucapin selamat berexsperiment
Wassalam....

ns : nikkiputrayana

14 komentar:

  1. keren hehehe
    mampir juga di http://baiiyu.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. mau nanya ni gan, apakah Pro-link WG 200 itu sama seperti modem? maklum ane gaptek.. :)

    BalasHapus
  3. ati ati jangan ditiru temen gw kemarin kontolnya kesetrum

    BalasHapus
  4. itu yang di pake background foto foto korban kesetrum

    BalasHapus
  5. itu yang di pake background foto foto korban kesetrum

    BalasHapus
  6. Haha kocak sip ilmunya sayang daerah ane gk ada wifi wireles
    2 jempol buat elu2 pada

    BalasHapus
  7. ilmu kacau ,,,ngga praktis + pemborosan uang ( mending uangnya 200 ribu buat :ke warung ,nasi sebungkus + yg di inginkan) .dan berapa lagi uang rupiah yg di buat thethek bengeknya,paralon ,wajan pengorengan (kalau ada bekas tinggal pasang (yg bangrut beli modem +kartu).,,,maksudnya beli komputer ,,,entah pc (bukan smartphone) guna smarphone khusus komunikasi suara(bkn komunikasi gambar/video.games online,dll).ada browsernya .pasang ip/dns nya seperti :192.168.10.10,,langsung online ,gitu aja kok repot,,,.dan nama komputer kita .selaesai kita ke perpustakaan pribadi kita ,iulah teknlogi supriman .lek isa.

    BalasHapus
  8. ilmu "Kapitalis" 4 indonesia ngga kepakai di era sekarang ,ilmu cholohzx & mainkan(orang kapitalis bilang plug dan play).
    YOK <<OPPO le'ks dhi ghawe' boso jowo ae khabe "Elmu KHABHE ISO " CUMA PABRIKE NGGA ONOK NANG AMERIAK SJI 1 MUNG ONOK NANG NUASANTARA KARYA ANAK "STM ANTARTIKA" ASLINE,,,,,,,

    BalasHapus
  9. Ntah apa yg kamu tulis, jd gk kebaca krn background yg kamu buat, foto2 yg sangat tidak perlu

    BalasHapus
  10. Ane liat kecepatannya 11mbps. lambat banget...

    BalasHapus
  11. gan tulisan nya susah dibaca soalnya background sama tulisannya sama2 gelap

    BalasHapus