CARA MEMBUAT BLOG

Karna banyak temen-temen yang bertanya gimana sih cara membuat blog,and banyak juga yang request agar gw bikin postingan bagaimana cara membuat blog,sesuai janji gw,di kesempatan ini gw mo sedikit berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat blog
OKELAH KALO BEGITU.........
Kita mulai pelajarannya
Oh ya sebelum gw mulai menulis gimana cara membuat blog ada baiknya temen-temen mengetahui pengertian dari blog tersebut.
APA ITU BLOG?
blog adalah sebuah medium untuk penyampaian informasi dengan menggunakan jaringan internet, dengan cara yang lebih egaliter dan dengan semangat globalisme, karena informasi gak cuman milik media mainstream aja, setiap individu juga bisa menyampaikan suaranya, yang sering kali lebih cepat, bebas dan variatif karena tidak berada dibawah suatu jaringan korporat. Bisa dibilang blog adalah New Media for Information and Culture. Kehadiran blog sebagai sumber informasi baru sudah mulai menunjukan signifikansinya karena para pembacanya membutuhkan informasi yang mungkin tidak terdapat di media mainstream dan untuk mendengar suara-suara yang selama ini belum terdengar tanpa kehadiran jaringan internet. Atau dalam kata lain kalo Lo kepingin mencari tau tentang sesuatu yang agak sulit di cari di media mainstream, kemungkinannya akan sangat besar lo akan mendapatkannya lewat blog seseorang, kalo gak dapet, yah bikin aja sendiri
Blog ini sangat cocok buat lo yang demen menulis,di sini lo bisa ngeluarin semua ide kreatif lo atau semua uneg-uneg lo
Nah sekarangkan temen-temen sedikit paham tentang pengertian Apa itu blog,Jadi kita langsung mulai aja cara membuat blog.
Sebenarnya untuk membuat blog ada banyak macam macam situs yang menyediakan sarana gratis untuk membuat blog seperti contoh http://www.blogger.com, http://www.wordpress.com serta http://blogsome.com.
Dalam bahasan kali ini gw bakal mengulas cara pembuatan blog lewat http://www.blogger.com (karena gw sendiri juga make itu)

Langkah Pertama: Daftar Google
Daftarkan Diri Lo di Google
Lho koq? Koq di Google? Katanya mau ngajarin bikin blog di blogger.com, koq malah di Google? Tidak salah, karena untuk masuk ke blogger, Lo harus memiliki login google.com.(biar gampang and gak ribet)

Silahkan kunjungi http://www.blogger.com atau KLIK DI SINI Lo bakal masuk ke halaman seperti gambar di bawah ini...



kalo lo udah punya akun di google,lo tinggal login aja.maka lo akan otomatis masuk ke panel control

Oh ya, lo juga bisa memilih bahasa, apakah Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Untuk pembahasan kali ini gw anggap lo belum memiliki akun Google.

Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.

Langkah 2: Daftar Blog

Lengkapi Pendaftaran

Setelah lo nge- klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA, maka akan muncul formulir seperti yang ada pada gambar dibawah ini.


Proses ini akan menciptakan account Google yang dapat lo guna'in pada layanan Google lainnya. yaitu dari Gmail, Google Groups, atau Orkut.

Satu account Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Google.

Jika lo udah punya accout google, lo bisa langsung login (masuk). Untuk login ke Google, harus login dengan menggunakan alamat email.

Silahkan lengkapi.

1. Alamat email yang Lo masukan harus sudah ada sebelumnya. Lo akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Kalo menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Lo gak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.

2. Lengkapi data yang lainnya.

3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa lo setuju

Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan lanjutkan

Langkah 3: Membuat Blog

Memilih Nama Blog dan URL Blog

Jika lo berhasil, lo bakal dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah.
Jika gagal? biasanya karena verifikasi kata yang lo ketik salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar aja, ulangi sampai benar. Kalo ga bisa juga STOP SUDAAAH......!

Setelah Lo berhasil mendaftar, lo akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Sekarang lo bisa memulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog

Sebagai contoh, gw menamakan blog ini dengan nama anakit67.selain mudah di inget dan gak ribet angka 67 gw anggep sebagai angka keberuntungan.
lo bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang lo pilih. Jika tersedia bisa langsung lo lanjutkan. Jika tidak tersedia,mungkin nama itu udah di pake sama orang, jadi lo harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abc, xzy, 101, atau apalah.

Trus klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.



Langkah ke 4 Blog Template

Pilih desain yang sesuai dengan selera

Jika berhasil, lo akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera lo. Jika tidak ada yang sesui dengan selera, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa lo install sendiri. Sekarang pilih aja tema yang udah ada,agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Lo bisa preview tema dengan klik gambarnya.

Untuk Memilih tema, klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar dibawah. Lihat yang gw tunjuk dengan panah

Setelah itu langsung lo klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN


Belajar Membuat Blog Selesai

Sekarang tinggal posting (menulis)

Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di ciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkankan lo tulis semua ide-ide kreatif lo atau semua uneg-uneg lo , jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".

Nah, Gampangkan....

kalo lo semua udah punya blog,tolong di kirim ke gw alamat blog lo.biar kita bisa saling tukar link.Dan nanti gw publikasiin di blog ini

Ok. makasih atas kunjungan ke blog ini

ATENG BAWA KAYU

TENG KYU........

ns : http://www.squidoo.com/











Tidak ada komentar:

Posting Komentar